Calvin

ALCAÑIZ – Ketika Daniel Pedrosa dan Valentino Rossi mengecam sekaligus menyalahkan Marc Márquez atas aksinya pada sebuah insiden di GP Aragón lalu, Cal Crutchlow punya pandangan lain untuk kemudian mengambil kubu yang berlawanan – membela sang rookie.

Joki Yamaha Tech3 itu tak melihat insiden antara Márquez dengan Pedrosa yang notabene rekannya sendiri di lap keenam seri Alcañiz akhir pekan lalu, sebagai kesalahan Márquez. Berdirinya sang rider muda itu di puncak podium pun dianggap Crutchlow diraihnya dengan adil.

Insiden antara Márquez dan Pedrosa terjadi di lap keenam, tikungan 12 ketika Marquez, mencoba melewati Pedrosa. Crutchlow melihat Márquez sempat melebar dari jalurnya, tapi kemudian kembali mengejar Pedrosa dengan aksi overtake yang terkontrol, bukan aksi tanpa kendali seperti yang dikemukakan Pedrosa.

“Saya tak berpikir itu bahwa itu kesalahannya. Marc tidak lepas kontrol. Memang, dia sempat melebar dan dia hampir keluar trek. Tapi, dia masih mampu kembali dan kemudian memenangkan lomba,” bela Crutchlow.

“Dia memenangkan lomba dengan adil dan dia bisa mengadu argumen dengan Dani bahwa Dani terlalu dini mengerem saat itu. Saat ini banyak terjadi perdebatan, tapi saya pikir, itu tak seharusnya terjadi karena dia memenangkannya dengan adil,” lanjut pembalap asal Inggris tersebut.

Malah Crutchlow merasa bahwa sedianya, Márquez sama sekali tak menyentuh Pedrosa ketika keduanya menikung bersandingan. Andaikata nantinya Márquez diputuskan bersalah, toh itu tetap jadi sesuatu hal yang lazim dalam balapan, apalagi Pedrosa yang jadi korban kali ini juga tak bersih dari “dosa” serupa saat membalap di masa lalu.

“Jika pun kesalahan dibebankan padanya, dia tak harus terusik atau mengatakan apa pun. Saya melihat dia tak menyenggol Dani. Para pembalap saling menyalip dan membuat kesalahan hingga membuat pembalap lain keluar lintasan,” sambung Crutchlow.

“Tapi apakah itu membuat Dani atau pembalap lain tak pernah melakukan kesalahan? Marc pembalap tercepat dan dia memenangkan balapan. Dia tak melakukan kesalahan apa pun,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s