Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Deputi Bidang Rehabilitasi BNN mengadakan program magang bagi petugas panti rehab narkoba. Program ini diberlakukan agar para petugas memiliki keterampilan dalam menghadapi pecandu narkoba.

Dalam siaran persnya kepada detikcom, Rabu (2/10/2013), sebanyak 14 pegawai rehabilitasi diikutkan dalam kegiatan yang bertema ‘Magang Petugas Rehabilitasi Instansi Pemerintah Program Re-Entry Melalui Kegiatan Pembibitan dan Budidaya Ikan’. Ke-14 pegawai yang ikut program itu berasal dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambanglihum Kalsel, RSKD Pontianak Kalbar, RSJ Padang Sumbar, RSJ Aceh, PSPP Dharmapala Palembang Sumsel, Sehat Mandiri DIY, dan PSPP Insyaf Medan Sumatera Utara.

“Kegiatan ini bertujuan agar petugas rehabilitasi memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam proses rehabilitasi bagi pecandu, yang nantinya dapat ditularkan dalam program pemulihan pecandu,” kata Erniawati Lestari, perwakilan dari Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Deputi Bidang Rehabilitasi BNN.

Kegiatan ini digelar atas kerjasama dengan Pusat Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, di Pusat Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta. Ia menjelaskan, program rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba merupakan suatu program dalam proses rehabilitasi, yang harus memiliki tujuan drugs free, healty life, crime free, dan productivity, yang tercermin pada fase-fase yang dilakukan dalam proses rehabilitasi.

Sementara, Una Rusmana selaku Kepala Pusat Pusat Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, menyambut baik pelaksanaan magang petugas rehabilitasi instansi pemerintah.

“Mudah-mudahan program ini dapat berlanjut, sehingga semua instansi dapat berperan dalam proram pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba di Indonesia,” harapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s