Dua Ekor Bayi Macan Tutul Persia Lahir di Rusia

    Sochi – Dua ekor bayi macan tutul persia telah lahir di Taman Nasional Sochi, Rusia. Menurut pernyataan dari World Wildlife Fund, kelahiran ini adalah kelahiran pertama dalam 50 tahun terakhir di taman nasional ini.

Macan tutul persia telah masuk daftar hewan terancam punah milik International Union for the Conservation of Nature’s sejak awal abad ke-20. Saat ini, diperkirakan hanya sekitar 1.290 ekor yang hidup di alam liar. Minimnya jumlah macan tutul yang hidup di alam liar disebabkan adanya perburuan liar dan hilangnya habitat asli mereka.

“Kedua bayi ini baru akan dilepaskan ke alam liar setelah mereka mempelajari berbagai keterampilan hidup,” kata Natalia Dronova, koordinator spesies hewan Rusia World Wildlife Fund kepada Live Science, Jumat, 19 Juli 2013. Keduanya diharapkan bisa memulai populasi baru di Pegunungan Kaukasus.

Macan tutul persia merupakan salah satu subspesies terbesar dari macan tutul. Mereka banyak ditemukan di Pegunungan Kaukasus Rusia dan daerah sepanjang Laut Kaspia.

Kini, kedua bayi macan tutul berada di Persian Leopard Breeding Rehabilitation Center, Taman Nasional Sochi. Di sini, mereka akan dipersiapkan untuk kembali ke habitat asli mereka di alam liar. Induk si bayi berasal dari Kebun Binatang Lisbon, Portugal. Ia bergabung di Sochi sejak tahun 2012.

Kedua anak macan tutul memiliki panjang sekitar 15 cm dan berat sekitar 700 gram. Untuk menjaga mereka agar tidak merasa terganggu, pihak taman nasional belum memberikan kontak atau perawatan apapun kepada mereka.

Anak macan tutul biasanya akan tetap berada di sarang selama sekitar 2 bulan. Pada saat itu, mereka akan mendapat asupan makanan dari ASI atau serpihan daging dari makanan induknya. Barulah setelah 2 bulan, mereka akan mulai belajar berburu. Pihak taman nasional berharap, kelahiran makhluk langka ini akan menjadi langkah kecil untuk memulihkan lagi populasi mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s