Momen Robben cetak gol ke gawang City. (Foto: Reuters)

      MANCHESTER – Pertandingan babak penyisihan Grup D antara Manchester City versus Bayern Munich berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tim tamu. The Bavarians sukses membawa pulang tiga poin penuh dari Etihad Stadium.

Tampil tandang tak membuat pasukan Josep Guardiola tertekan. Justru sebaliknya City terlihat terus mendapatkan tekanan dari juara bertahan Liga Champions itu. FC Hollywood sukses membenamkan City melalui Franck Ribery, Thomas Muller dan Arjen Robben. Sementara gol balasan City dicetak oleh Alvaro Negredo.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Menit awal pertandingan kedua tim tampil menyerang guna mendapatkan peluang. Tak menunggu waktu lama, peluang diperoleh Bayern melalui Arjen Robben. Namun, bola hasil heading pemain internasional Belanda itu masih mampu dihalau Joe Hart.

Terus menyerang, Bayern sukses mencuri gol di menit ketujuh melalui Franck Ribery. Pemain asal Prancis itu melepaskan bola dari jarak jauh, Joe Hart pun tidak bisa menangkap bola dengan baik. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Bayern.

Tertinggal, City tetap berupaya untuk menyerang Bayern. Namun, serangan yang dibangun oleh City terlihat kesulitan menembus lini tengah Bayern. Justru, Bayern yang terlihat lebih mendominasi pertandingan.

Peluang kembali didapatkan Bayern. Berawal dari tusukkan Robben yang di sisi kiri pertahanan City lalu meneruskan bola ke mulut gawang City, namun Thomas Muller yang tidak dalam pengawalan belum mampu mengonversikan peluang menjadi gol.

Sampai peluit babak pertama usai, kedua tim tidak menambah gol. Bayern masih unggul tipis 1-0 atas tuan rumah.

Babak Kedua
Memasuki interval kedua, City terlihat lebih meningkatkan serangannya. Pasalnya, pada babak pertama, duet Edin Dzeko dan Sergio Kun Aguero terlihat belum padu. Hal itu memang membuat City jadi belum mampu menciptakan peluang terbaik.

Serangan demi serangan yang coba dilancarkan oleh City terlihat memang tidak mampu menembus pertahanan Bayern. Bola acap kali hanya sampai di lini tengah Bayern.

Masuk di menit ke-56, Bayern kembali menggandakan keunggulan. Kali ini melalui aksi Muller. Bermula dari umpan jauh Dante, Muller yang meloloskan diri dari jebakan offside mampu mengelabui Joe Hart. Dengan tenang Muller meneruskan bola ke gawang City, Bayern pun unggul 2-0.

Tidak berhenti sampai disitu, selang empat menit giliran Robben yang mencetak gol. Solo run eks pemain Chelsea itu mampu melewati penjagaan bek City, MatijaNastasic lalu Robben menceploskan bola lewat kaki kanannya. Bayern unggul 3-0.

Memasuki pertengahan babak kedua, pertandingan praktis dikuasai Bayern. Meski tampil di kandang lawan, tim asuhan Pep Guardiola tetap tampil superior. Sementara itu, City terlihat memasukkan dua pemain baru David Silva dan James Milner. Silva sendiri menggantikan Aguero dan Milner mengisi peran Samir Nasri.

Pergantian pemain itu menegaskan bahwa City ingin mengambil alih penguasaan bola di lini tengah. Sejauh ini memang lini tengah Bayern bermain lebih solid.

Bayern kembali mendapatkan peluang melalui Muller. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang. Aksi Muller sendiri langsung direspon oleh Milner. Namun sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar Neuer.

Akhirnya gol balasan City tercipta di menit ke-80 lewat aksi Negredo, yang masuk menggantikan Edin Dzeko. Striker Spanyol itu mampu mengecoh Neuer karena mengarahkan bola ke tiang jauh. Skor berubah menjadi 3-1. Gol Negredo juga membuat permainan City semakin berkembang.

City terus terlihat menekan, bahkan di menit ke-85 Bayern harus kehilangan Jerome Boateng karena melanggar Yaya Toure. Wasit tanpa ampun memberikan Boateng kartu merah.

Usai Boateng keluar, City mendapatkan tendangan bebas, namun sepakan yang dilakukan Silva masih membentur mistar gawang Bayern. Peluang kembali diperoleh City, namun tandukkan Negredo masih menyamping dari gawang Bayern.

Kendati terus menyerang, City tidak mampu menambah pundi-pundi golnya. Sampai peluit panjang dibunyikan, Bayern tetap unggul 3-1.

Susunan Pemain:

Manchester City: Hart – Kompany – Richards – Clichy – Nastasic – Nasri/Milner (70’) –Toure – Jesus Navas – Fernandinho – Aguero/Silva (70’) –Dzeko/Negredo (57’)

Bayern Munich: Neuer – Lahm – Rafinha – Boateng – Alaba – Dante – Robben/Shaqiri (78’) – Schweinsteiger/Kirchoff (76’) – Ribery/Gotze (84’) – Kroos –Muller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s