Indonesia dapat janji investasi dari Jepang dan Rusia

Selain tujuh butir kesepakatan forum pemimpin yang dibacakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, KTT APEC sekaligus memberikan komitmen investasi buat Indonesia.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengaku punya beberapa oleh-oleh, hasil pembicaraan bilateral dengan beberapa negara mitra. Dua komitmen investasi paling konkret diberikan oleh Jepang dan Rusia.

Jepang tak sungkan menyebut keinginannya membiayai proyek infrastruktur pelabuhan di utara Jawa.

“Jepang spesifik bilang mau investasi di Pelabuhan Cilamaya, Karawang. Begitu studi kelaikan selesai, skema pembiayaannya akan dalam model PPP (kerja sama swasta-pemerintah),” ungkapnya di Nusa Dua, Bali, Selasa (8/10).

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) juga terus ditanyakan delegasi Jepang kepada pemerintah. Terlebih, duit USD 4 miliar sudah tersedia dan tinggal digelontorkan untuk eksekusi.

Tidak hanya Jepang, Rusia juga jadi negara yang menunjukkan keseriusan menanamkan modal di Indonesia. Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku sudah mendengar aturan Indonesia yang melarang ekspor bahan tambang mentah mulai 2014.

Pemimpin mantan agen rahasia Uni Soviet ini lantas mengatakan, perusahaan negaranya punya kapasitas membantu Indonesia untuk membangun alat pemurnian bahan tambang alias smelter.

“Pak Putin kemarin tiba-tiba bilang, Rusia akan sangat senang dan berkemampuan terlibat industri pengolahan memberi nilai tambah di bidang mineral dan metalurgi. Dan dia sudah punya beberapa investor besar siap ke sini,” kata Hidayat.

Ada tiga perusahaan Rusia siap membangun smelter, indikasi awal investasinya menyasar Indonesia timur. Hidayat tak merinci identitas ketiga korporasi tersebut. Dia sekadar menegaskan siap merespon ketertarikan Putin itu.

“Saya sudah menyanggupi untuk follow up,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s