Makan cokelat 'sehat' ini bantu lancarkan peredaran darah

Sebuah cokelat yang menyehatkan jantung kabarnya kini tengah dikembangkan dan akan segera dijual di pasaran beberapa bulan ke depan.

Adalah acticoa, cokelat hitam yang sengaja diproduksi oleh pabrik cokelat dari Swiss, Barry Callebaut, dengan senyawa flavanol. Berdasarkan tes yang telah dilakukan, makan cokelat ‘sehat’ tersebut bisa melancarkan peredaran darah.

Cokelat ‘sehat’ yang dikonsumsi juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke, sampai delapan persen.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, biji cokelat sebenarnya kaya akan flavonol. Akan tetapi selama proses pengolahannya, senyawa tersebut meluruh. Namun Barry Callebout melakukan beberapa penyesuaian selama proses pengolahan, sehingga flavonol tetap terjaga dalam cokelat buatan mereka.

“Ini bukan tentang menambahkan nutrisi, tetapi mengembalikan apa yang sebenarnya terkandung dalam cokelat,” ungkap juru bicara Barry Callebout, Marijke De Brouwer.

Rencananya, pada kemasan cokelat ‘sehat’ buatan pabrik tersebut, akan tertulis ‘flavonol cokelat membantu keelastisan pembuluh darah yang melancarkan peredaran darah’.

Selain melancarkan peredaran darah, penelitian yang dilakukan menyatakan kalau acticoa juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Sebut saja memerangi keriput dan mempertajam ingatan.

Meskipun demikian, ahli kesehatan sedikit kurang setuju dengan ide dari Barry Callebaut. Pasalnya cara ampuh untuk menjaga kelancaran peredaran darah sebenarnya adalah dengan lebih banyak bergerak dan aktif berolahraga.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s