Keikutsertaan dua pejabat esselon II tersebut hanya sebagai antisipasi kalau ada hal-hal berkaitan kebijakan pemerintah daerah sehubungan dengan Pemilukada, khususnya Pemilukada Lebak. “Pendampingan Asda I dan Kabiro Hukum hanya untuk berjaga-jaga jika membutuhkan informasi lebih jauh perihal pemilukada,” tandasnya.Saat ditanya persiapan materi saat penyidikan nanti, ia mengatakan, persiapannya hanya seputar pelaksanaan pemilukada di Banten, khususnya Lebak yang kini menjadi fokus penyidikan.

\Saat dikonfirmasi, Asda I Pemprov Banten, Asmudji HW membenarkan rencananya mendampingi Atut ke gedung KPK sebagai saksi. Namun saat ditanya kepentingan pendampingan terhadap orang nomor satu yang bakal dimintai keterangan oleh KPK, ia tidak bisa menjelaskan. “Iya memang saya sudah  mendapat arahan dari pak Sekda untuk mendampingi Atut ke KPK. Kalau kepentingannya, saya hanya diperintahkan untuk mendampingi,” katanya singkat.Begitu pula Karo Hukum Setda Banten, Ahmad Syamsir saat ditanya perihal keikutsertaannya ke gedung KPK dalam pemeriksaan Atut Chosiyah tidak bisa menjelaskan. “Saya juga hanya menemani seperti pak Asmudji,”tambahnya.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengaku, penyidik KPK telah mengirim surat pemanggilan kepada Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah Rabu (9/10). Pemanggilan terhadap orang nomor satu di Banten ini untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten yang menjerat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.”Pemeriksaan ini sebagai saksi untuk Susi Tur Andayani dan Tb Chaeri Wardana,”kata Johan saat dihubungi. Diberitakan sebelumnya, KPK melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkum HAM) telah mencekal Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, pada Kamis (3/10) lalu. Pencekalan ini untuk memudahkan jika KPK membutuhkan keterangan dari Atut Chosiyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s