Pelatih Timnas Indonesia U-19 Amati Video Tiga Lawan

Serangkaian latihan telah sudah dilalui Timnas U-19 jelang kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (8/10/2013).

Namun tak hanya latihan, Tim Pelatih bersama dengan tim High Performance Unit dari Badan Tim Nasional (BTN) juga melakukan pengamatan tim lawan melalui video rekaman pertandingan. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan calon lawan.

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri mengatakan, calon lawan di Grup G mempunyai kekuatan tim yang tidak jauh berbeda. Laos dan Filipina mengikuti babak kualifikasi Piala Asia U-19 di Jawa Timur. Namun kedua tim itu tidak menghadapi Indonesia, karena berbeda grup.

Sementara Indonesia pernah menghadapi Korea Selatan di ajang Piala Pelajar Asia 2012 di Iran. Waktu itu tim Indonesia U-18 yang dilatih oleh Indra Sjafri menderita kekalahan 1-2. Kekalahan itu membuat Muhammad Hargianto dan kawan – kawan tidak lolos ke babak selanjutnya.

“Semua tim sama pentingnya, Laos dan Filipina sama-sama kuat.  Korsel merupakan juara 12 kali Piala Asia, tetapi saya minta para pemain jangan kalah mental sebelum bertanding. Kita lebih besar dari Korea Selatan, siap – siap tanggal 12 negara itu kita kalahkan. Jadi kita harus meraih kemenangan di tiga laga itu,” ujar pelatih 50 tahun itu.

Berbicara target Indonesia pada babak kualifikasi Piala Asia, Indra Sjafri menegaskan, target realistis, yaitu lolos ke putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar pada 2014. Melihat kepercayaan diri para pemain dan keberhasilan meraih gelar juara Piala AFF U-19 beberapa hari lalu membuat dirinya optimis.

Babak kualifikasi Piala Asia U-19 2014 menggunakan format grup, yang terdiri dari sembilan grup. Juara grup dan enam peringkat kedua terbaik akan lolos ke putaran final. Nantinya, Piala Asia 2014 akan diikuti 16 negara.

“Kondisi para pemain cukup baik dan kondisi mental siap. Ini momentum bagi Indonesia, setelah meraih gelar juara Piala AFF. Momentum menambah kepercayaan diri para pemain, itu tercermin dari latihan mereka akhir-akhir ini. Insya Allah pemain akan tampil all out, apalagi ditambah dukungan puluhan ribu penonton,” ujar mantan pemain PSP Padang itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s