jepang.jpg

Timnas Jepang junior tampil luar biasa pada laga lanjutan Piala Dunia U-17 dengan mengalahkan Venezuela 3-1 di Stadion Sharjah, UEA, yang berakhir Selasa (22/10/2013) dini hari WIB.

Dua gol Jepang diciptakan di babak pertama oleh Sugimoto pada menit ke 7 dan Ryoma Watanabe pada menit ke 44 dan menit ke 77 lewat titik penalti. Venezuela sempat menyamakan kedudukan lewat kaki Josse Carraballo pada menit ke 17.

Memperagakan sepak bola gaya Barcelona dengan umpan-umpang pendek satu-dua, pertandingan yang disiarkan secara langsung TVOne itu menunjukkan Samurai Muda mendominasi pertandingan. Kalah postur tak membuat Jepang kalah dalam permainan. Statistik menunjukkan, 69% bola dikuasai Jepang.

Gol pertama Jepang terjadi lewat olah bola yang matang sejak dari tengah lapangan. Umpan-umpan pendek pemain tengah Kyoga Nakamura, penyerang Taro Sugimoto dan Ryoma Watanabe pada menit ke-7 menghasilkan gol pertama. Umpan silang dari arah kanan sempat membuat kemelut di muka gawang. Sampai akhirnya Sugimoto yang datang dari belakang langsung mendang bola ke gawang Venezuela.

Sepuluh menit kemudian, serangan balik Venezuela menyeimbangkan kedudukan 1-1. Umpan silang gelandang kanan, sempat lolos dari tendangan pemain depan Venezuela. Bola bergulir liar, diumpan lagi ke arah gawang. Josse Carraballo yang berdiri bebas di depan gawang langsung menggenjot bola ke gawang Jepang. Abe terlambat mengantisipasi, 1-1.

Menjelang babak pertama berakhir, Jepang menambah gol. Masih dengan permainan yang cantik, umpan silang dari gelandang kanan disambut sang kapten Watanabe yang tanpa kawalan, gol. 2-1 untuk Jepang.

Di babak kedua, Venezuela berusaha bangkit. Beberapa kali serangannya membahayakan gawang Jepang, namun tak satupun gol dihasilkan. Justru Jepang kembali menambah pundi-pundi golnya di menit ke 77 ketika wasit memberi hadiah penalti.

Watanabe yang berlari kencang dijatuhkan pemain belakang Venezuela, Tineo di kotak penalti. Watanabe yang menjadi eksekutor dengan dingin mengecoh kiper Venezuela
Enmis Rodriguez. 3-1 untuk Jepang.

Jepang menjadi juara grup D dengan selisih gol lebih baik dibanding Tunesia. Jepang dua kali menang, sementara Venezuala dan Rusia kemungkinan besar tersingkir setelah dua kali kalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s